Rabu, 20 April 2022

 [ MEMPERINGATI HARI KARTINI ]


    Hari Kartini tahun ini diperingati pada Kamis 21 April 2022. Sejarah atau asal mula 21 April diperingati Hari KArtini adalah berdasarkan hari kelahiran Raden Ajeng Kartini Djojo Adhiningrat yang merupakan tokoh Pahlawan Nasional yang memperjuangkan emansipasi wanita.

    Peringatan Hari Kartini tersebut dirayakan setelah 2 Mei 1964, usai Presiden Soekarno mengeluarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia No.108 Tahun 1964. Dalam keputusan tersebut, Kartini juga ditetapkan sebagai Pahlawan Kemerdekaan Nasional.

    Dalam surat-suratnya, Kartini juga menulis keluhan dan gugatan khususnya menyangkut budaya di Jawa yang dipandang sebagai penghambat kemajuan perempuan.

    Kartini kemudian mendirikan sekolah untuk anak gadis di daerah kelahirannya, Jepara. Setelah menikah, dia masih mendirikan sekolah di Rembang. Apa yang dilakukannya dengan sekolah itu kemudian diikuti oleh wanita-wanita lainnya dengan mendirikan ‘Sekolah Kartini’ di tempat masing-masing seperti di Semarang, Surabaya, Yogyakarta, Malang, Madiun, dan Cirebon.
(tirto.id)

"Banyak hal yang bisa menjatuhkanmu. Tapi satu-satunya hal yang benar-benar dapat menjatuhkanmu adalah sikapmu sendiri."-RA Kartini-

Kartini membuktikan bahwa seorang wanita bisa melakukan banyak hal. Maka Jangan menjadi orang yang merasa lemah dan masih merasa nyaman dengan diskriminasi.

BEM Poltekkes Kemenkes Yogyakarta mengucapkan Selamat Hari Kartini untuk para wanita Indonesia. Semoga kita selalu menjadi wanita yang lebih baik untuk Indonesia. Capailah impianmu dan selalu bertindak positif. Selalu miliki semangat untuk mengejar ambisimu.

HIDUP MAHASISWA!

HIDUP RAKYAT INDONESIA!

#BEMPOLTEKKESKEMENKESYOGYAKARTA2021/2022

#KABINETBARASINERGI

#SEMANGATMEMBARA

#BERANIBERAKSI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Seminar Nasional Kewirausahaan 2023

 πŸŽ™️ SEMINAR NASIONAL 2023 πŸŽ™️ BEM POLTEKKES KEMENKES YOGYAKARTA ℙ𝕣𝕠𝕦𝕕𝕝π•ͺ β„™π•£π•–π•€π•–π•Ÿπ•₯𝕀 [SEMINAR NASIONAL 2023] "Be Brave to Sta...